Kamis, 19 April 2012

Fakta Angka Jelang Bentrok 'El Clasico' Madrid Vs Barca

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID - Bentrok dua raksasa La Liga akan kembali pecah di Nou Camp, pada Sabtu waktu setempat. Meski Real masih unggul empat poin dengan sisa lima pertandingan lagi, siapa nyana, pertemuan ini mungkin jadi penentu siapa juara liga musim ini.
Tak salah jika kita mengintip sejumlah fakta penting terkait dua tim bebuyutan tersebut.  Berikut ini data dan fakta angka- angka menjelang pertandingan "Clasico" tim Spanyol Real Madrid dan Barcelona.

9 - Angka kemenangan untuk pelatih Barca Pep Guardiola dalam 14 "Clasicos" sejak memimpin klub itu pada 2008 (La Liga, King's Cup, Champions League dan Spanish Super Cup). Real menang hanya sekali, pada perpanjangan waktu final Piala Raja 2011 dengan angka 1-0.

11 - Angka pertandingan La Liga bagi Barca yang menang berurutan sejak kalah 2-3 atas Osasuna pada 11 Februari. Kemenangan ini menolong mereka unggul enam poin dari Real sedangkan tim Jose Mourinho itu main imbang dengan Malaga, Villarreal dan Valencia.

13 - Angka gol yang diciptakan Lionel Messi dalam 18 laga "Clasicos". Pemain terbaik dunia itu (World Player of the Year) sebagai salah seorang pencetak gol terbanyak di antara pemain dan berada di urutan kelima bersama mantan pemain Real, Gento. Ia tidak mencetak gol dalam tiga laga terakhir lawan Real.

18 - Jumlah gol mantan pemain Real Alfredo Di Stefano, sekarang menjadi ketua kehormatan klub, sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang waktu dalam angka "Clasico".

18 - Jumlah kartu terbanyak yang dikeluarkan wasit, kepada mantan pemain Real dan pemain bertahan Spanyol, Fernando Hierro, dalam laga "Clasico" (17 kartu kuning dan satu kartu merah).

63 - Jumlah gol Messi dalam semua kompetisi musim ini (termasuk dalam kompetisi Super Cups Spanyol dan Eropa serta Piala Klub Dunia). Ia dan dan saingan beratnya Cristiano Ronaldo sama-sama memiliki rekor 41 dalam laga La Liga dan Ronaldo 53 dalam semua kompetisi.

86 - Barca dan Real sama-sama kalah satu sama lain sebanyak 86 kali dalam laga resmi, 46 kali seri.
218 - Jumlah pertandingan resmi "Clasicos" sejak kedua klub itu bertemu dalam laga empat besar Piala Spanyol pada 13 Mei 1902, ketika Barca menang 3-1.

365 - Jumlah gol Real dalam laga resmi "Clasicos", 11 lebih banyak dari yang dilakukan Barca.
 
 
Redaktur: Yudha Manggala P Putra
 Sumber: FC Barcelona, www.centurymatch.com

1 komentar: